Jumat, 08 Juni 2012

Protozoa Usus

Amoeba Usus
Amoeba merupakan kelompok protozoa yang termasuk dalam subphylum Sarcodina, superklas Rhizopoda yang pada bentuk trofozoit, protoplasmanya tidak dibungkus membran (telanjang) serta khas membentuk pseudopoda.

Merupakan hewan yang paling sederhana yang tersebar di seluruh, dunia (kosmopolit). Kebanyakan, hidup bebas akan tetapi beberapa spesies hidup sebagai parasit pada manusia. Amoeba yang hidup bebas termasuk ke dalam famili Amoebidae sedangkan yang bersifat parasit, famili Endamoebidae, Calkins, 1926. Famili dari amoeba hidup bebas yang termasuk ke dalam amoeba jaringan otak primer, yaitu: Vahlkampfiidae dan Acanthamoebidae. Untuk lebih jelasnya klasifikasi amoeba usus seperti di bawah ini:

-Ordo Amoebida
-Subordo Tubulina
-Famili Endamoebidae
-Genus Entamoeba, Endolimax, Iodamoeba.

Parasit ini bergerak dengan pseudopodia, yaitu penonjolan yang tiba-tiba dari ektoplasma yang diikuti dengan gerak ke arah yang dituju (gerak ameboid).
Pada keadaan yang tidak menguntungkan bagi parasit tersebut, bentuk aktif ini (trofozoit) akan berubah menjadi bentuk kista. Perubahan ini disebut enkistasi, biasa terjadi di dalam usus besar manusia. Di dalam tubuh manusia semua amoeba ini hidup komensal, kecuali Entamoeba histolytica yang dapat menjadi patogen. Pembiakan terjadi dengan cara belah pasang, baik pada stadium trofozoit maupun pada stadium kista. Penularan hanya dapat terjadi pada bentuk kista matang, karena bentuk trofozoit atau kista yang belum matang mudah rusak dan akan dihancurkan oleh keasaman lambung serta enzym pencernaan makanan. Parasit ini hidup di dalam lumen usus besar manusia, kecuali Entamoeba gingivalis yang hidup di dalam rongga mulut..

Ciliata Usus
Ciliata merupakan kelompok protozoa yang termasuk phylum Ciliophora, pada stadium trofozoit ditandai dengan penjuluran membran ektoplasma yang pendek menyerupai benang disebut silia. Spesies yang penting bagi manusia, yaitu Balantidium coli.

Flagelata Usus
Flagelata, merupakan kelompok protozoa yang termasuk subphylum Mastigophora yang pada salah satu stadiumnya membentuk satu atau lebih flagella (tunggal flagellum), merupakan penjuluran sitoplasma (ektoplasma).
Manusia menjadi hospes dari 8 spesies flagelata yang hidup di dalam rongga usus, mulut dan vagina, yaitu:
Embadomonas intestinalis; Enteromonas hominis; Chilomastix mesnili; Giardia lamblia; Trichomonashominis; Thichomonas tentix;Trichomonas vaginalis; Dientamoeba fragilis; penyebaran bersifat kosmopolit.

Sporozoa Usus
Dulu dikenal dua species utama yang terdapat di dalam tubuh manusia, yaitu Isospora belli dan Isospora hominis tapi sekarang Isospora hominis telah diklasifikasikan menjadi Sarcorystis hominis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar