Kamis, 12 Juli 2012

Fungsi lever

Fungsi lever antara lain sebagai berikut:
(1) Detoksifikasi
Yang dimaksud dengan detoksifikasi adalah penetralan racun. Segala sesuatu yang diserap di lambung akan dinetralkan dari racun terlebih dahulu oleh hati. Oleh karenanya, hati mengandung racun dengan konsentrasi yang lebih tinggi dari organ-organ yang lain. Berbagai obat dan hasil industri kimia dapat menyebabkan kerusakan hati. Alkohol adalah racun paling banyak di netralisir dalam hati.  

(2) Pencernaan
Selama proses pencernaan, lever membentuk glikogen, yakni bentuk glukosa yang disimpan sehingga mampu untuk memasok glukosa dalam darah dengan konsentrasi yang tepat. Glikogen akan dibongkar bila dibutuhkan bahan bakar. Otak tidak dapat menyimpan cadangan bahan bakar, dan akan cepat mati bila pemasukan dari lever dihentikan. Di samping itu, lever juga menyimpan protein, lemak, mineral ,dan vitamin untuk sewaktu-waktu digunakan.  

(3) Empedu
Empedu adalah sekresi dari lever yang membantu untuk memecah lemak, protein, karbohidrat, dan khususnya lemak agar dapat diserap dan masuk ke dalam sistem aliran darah. Di samping itu, lever juga melumasi saluran pencernaan. Mengingat peranan lever yang penting maka adanya gangguan pada lever dapat mengganggu proses tubuh lainnya. Oleh karenanya, lever harus mendapat perhatian, jangan terlalu dipaksa kerja keras, misalnya dengan banyak minum alkohol. Ingat, lever merupakan organ yang sangat penting!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar