Selasa, 21 Desember 2010

Penggolongan dan Pemberian Nama Vitamin

Dari hasil penelitian yang tekun para ahli akhirnya diketahui bahwa "fat soluble A" dan "water soluble B" masing-masing terdiri dari kumpulan vitamin, yang tiap vitamin mempunyai fungsi dan sifat yang berbeda dan khusus namun sangat diperlukan oleh tubuh. Sifat kesamaan satu-satunya yang dimiliki adalah sifat larutnya yaitu larut dalam lemak atau larut dalam air. Kelompok vitamin yang larut dalam air terbukti sangat komplek dibanding dengan yang larut dalam lemak. Paling sedikit 13 macam vitamin yang dikenal demikian pula susunan kimianya, namun diperkirakan masih cukup banyak yang belum diketahui, khususnya bagi kehidupan hewan. Di antara sejumlah vitamin yang dikenal ternyata esensial bagi manusia.

Semula pemberian nama vitamin menjadi masalah karena hanya sedikit sifat-sifat kimia yang diketahui. Berhubung masing-masing kelompok vitamin terbagi-bagi atas berbagai vitamin, maka setiap vitamin diberi huruf alfabetik, ditentukan atas dasar urutan penemuannya, atau dengan huruf pertama sesuatu istilah yang memberi gambaran tentang peranannya, misalnya vitamin K dari bahasa Denmark, koagulasi yang berarti pembekuan (darah). Kelompok vitamin B dibagi-bagi atas dasar susunan kimia yang berbeda-beda, diberi nama B 1, B2 dan seterusnya atau nama-nama kimia. Oleh karena telah diketahui sifat-sifat kimia beragam vitamin, maka nama-nama kimia sangat sering menggantikan nama-nama vitamin dengan huruf.
Tigabelas macam vitamin seperti telah disebut di atas di mana senyawa kimia telah diketahui dan dapat dibuat di laboratorium terdiri atas:

Vitamin Nama Kimia
Vitamin A Akseroftol
Vitamin B1 Tiamin
Vitamin B2 Riboflavin
Vitamin B6 Piridoksin
Niacin Asam nikotinat
Asam pantotenat Asam pantotenat
Biotin Biotin
Asam folin Asam pteroilglutamat
Vitamin B12 Kobalamin
Vitamin C Asam askorbat
Vitamin D Kalsiferol
Vitamin E Tokoferol
Vitamin K Fillokhinon
Vitamin B1 sampai dengan vitamin B12 biasa disebut vitamin B kompleks, karena terdiri dari berbagai vitamin B.

Pustaka
Prinsip-prinsip Ilmu Gizi Oleh Suhardjo & Clara M. Kusharto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar